WILUJENG SUMPING DI DESA HARIANG

WILUJENG SUMPING DI BLOG URANG HARIANG
Lemboer matoeh bandjar karang pamidangan, poeseoerna katineoeng sampalan kaheman.

Lokasi Pemotretan

Lokasi gambar di Cilembang

Sabtu, 10 April 2010

BAHAN UJIAN BASA SUNDA

KISI-KISI SOAL UJIAN
MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010









NO STANDAR KOMPETENSI KLS/ SMT MATERI INDIKATOR BENTUK SOAL C1, C2, C3 Md, Sd, Sk KUNCI JAWABAN
1 Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, sajak dan pupujian VII/1 Wacana Percakapan Dapat menyimpulkan topik percakapan PG C2 Sd D
2 Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian VII/1 Menyimak pembacaan dongeng Dapat menyimpulkan latar (setting) dalam cerita (dongeng) PG C1 Md C
3 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan pengumuman, menceritakan pengalaman, menceritakan tokoh, menyampaikan bahasan, berbicara melalui telepon, dan bercakap-cakap dengan teman sekelas. VII/1 Menyampaikan pengumuman (bewara; wawaran) Dapat menyempurnakan penyampaian pengumuman PG C1 Md B
4 VII/1 Menceritakan pengalaman Dapat menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun PG C2 Sd A
5 VII/1 Menceritakan tokoh idola Dapat menjelaskan kelebihan-kelebihan atau kepunjulan tokoh idola PG C2 Sd B
6 VII/1 Berbicara melalui telepon Dapat menggunakan bahasa secara efektif dan santun (tata krama berbicara) PG Md C
7 VII/1 Bercakap-cakap (guneman) dengan teman sekelas Dapat bertanya, menimpali atau menjawab dengan kalimat-kalimat yang jelas, santun dan bersahabat. PG C2 Sd D
8 Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk atau jenis wacana sejarah lokal/ babad dongeng/ carita buhun, carita pondok dan teks percakapan Membaca sejarah lokal/ cerita babad Dapat menanggapi berbagai aspek wacana biografi PG C3 Sk D
9 VII/2 Dapat memahami isi wacana dari berbagai aspek (istilah bahasa dan mekanisme penulisan) PG C2 Sd D
10 VII/2 Membaca dongeng/ carita buhun Dapat menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng PG C2 Sd A
11 VII/2 Membaca Carita Pondok Dapat menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya (bentuk, isi, sifat, dan kebahasaan) PG C3 Sk A
12 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan (eksposisi) dan menulis berita. VII/2 Menulis Pengalaman Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan PG C2 Sd A
13 VII/2 Menulis Biografi singkat Dapat menceritakan (naratif) riwayat hidup tokoh secara kronologis PG C2 Sd B
14 Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, puisi sawer, dan pembacaan bahasan VIII/3 Puisi Sawer Siswa memparafrasekan isi teks sawer PG C3 Sk C
15 VIII/3 Menyimak bahasan tentang kesenian daerah Siswa mendiskripsikan jenis-jenis kesenian daerah PG C1 Md D
16 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi, menyampaikan laporan perjalanan, memandu acara dan memandu diskusi VIII/3 Berwawancara dengan nara sumber Siswa menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara PG C2 Sd C
17 VIII/3 Berdebat dalam diskusi Dapat berbicara dengan bahasa yang santun PG C1 Md B
18 VIII/3 Menyampaikan informasi Siswa menentukan kalimat efektif dalam menyampaikan informasi PG C2 Sd B
19 VIII/3 Menyampaikan laporan perjalanan Dapat menyusun kerangka laporan PG C2 Sd B
20 VIII/3 Memandu acara diskusi Dapat menyusun acara secara sistematis PG C2 Sd A
21 Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi, sawer, cerita wawacan, sajak dan karangan argumentasi VIII/4 Biografi Berlatih menyimpulkan jejer wacana biografi PG C1 Md A
22 VIII/4 Wawacan Menerangkan ciri-ciri wacana wawacan PG C1 Md B
23 VIII/4 Mengidentifikasi berbagai karya sastra dalam bentuk wawacan PG C3 Sk C
24 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran, surat, esai, laporan, dan guguritan. VIII/4 Sisindiran Dapat menulis sisindiran sesuai dengan persyaratan bentuknya PG C2 Sd D
25 VIII/4 Mengidentifikasi ciri-ciri bentuk dan isi sisindiran PG C2 Sd C
26 VIII/4 Berlatih menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan isi sisindiran PG C3 Sk C
27 VIII/4 Surat Pribadi Dapat menggunakan bahasa yang baik dan santun PG C3 Sk C
28 VIII/4 Memperbaiki atau menyempurnakan surat pribadi PG C2 Sd B
29 VIII/4 Guguritan (Dangdanggula) Menulis guguritan dengan memperhatikan patokan pupuh, guru lagu, guru wilangan dan watek PG C3 Sk A
30 VIII/4 PG C1 Md B
31 Menyimak, memahami dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/ hutbah, lirik (rumpaka) lagu jenis tembang dan pembacaan cerita pendek (carpon) IX /5 Hutbah Dapat memahami isi hutbah dari berbagai aspek (istilah bahasa dan mekanisme penulisan) PG C2 Sd B
32 IX /5 Rumpaka lagu (Pupuh Asmarandana) Dapat memahami ciri-ciri rumpaka tembang pupuh PG C1 Md B
33 IX /5 Menulis guguritan dengan memperhatikan patokan pupuh, guru lagu, guru wilangan dan watek PG C3 Sk C
34 IX /5 Carita Pondok Dapat menanggapi berbagai aspek cerita pendek PG Md D
35 IX /5 PG C2 Sd D
36 IX /5 PG C3 Sk C
37 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bentuk mengemukakan kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran, bercerita tentang cerita pendek dan musikalisasi puisi. IX /5 Kritik Sastra Dapat mengemukakan kritik dengan bahasa dan cara-cara yang santun PG C3 Sk B
38 IX /5 Biantara Dapat memahami "padika biantara" PG C1 Md A
39 IX /5 PG Sk A
40 IX /5 Dapat menyampaikan pidato dengan bahasa yang santun. PG C2 Sd B
41 IX /5 Dapat menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan PG C1 Md C
42 IX /5 PG C2 Sd D
43 IX /5 Novel Dapat menanggapi berbagai aspek novel PG C2 Sd D
44 IX /5 Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan novel yang dibicarakan PG C2 Sd C
45 IX /5 PG C1 Md C
46 IX /5 Cerita Drama Dapat menanggapi berbagai aspek cerita drama PG C2 Sd B
47 Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, puisi sawer, dan pantun IX /6 Pupuh Kinanti Dapat memahami ciri-ciri rumpaka tembang pupuh PG C2 Sd A
48 IX /6 Menulis guguritan dengan memperhatikan patokan pupuh, guru lagu, guru wilangan dan watek PG C1 Md B
49 IX /6 Pantun Dapat menanggapi berbagai aspek cerita pantun PG C2 Sd B
50 IX /6 Dapat mendeskripsikan kembali jenis-jenis kesenian daerah PG C1 Md C
51 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat, teks pidato, hasil wawancara, menulis berita dan karangan ilmiah. IX /6 Surat Resmi (izin) Dapat menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan PG C2 Sd C
52 IX /6 Dapat mengidentifikasi struktur surat resmi PG C1 Md D
53 IX /6 Laporan Wawancara Dapat menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi PG C3 Sk A
54 IX /6 Dapat memahami mekanisme persiapan wawancara PG C2 Sd A
55 IX /6 Berita Dapat menulis rangkuman berita yang disimak/ dibaca PG C3 Sk A
56 IX /6 Dapat menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan PG C2 Sd B
57 IX /6 PG C1 Md C
58 Mampu membaca, memahami dan menanggapi wacana tulis atau jenis drama, karangan bahasan, puisi dan artikel IX /6 Membaca karangan ilmiah Dapat menyebutkan, menyimpulkan widang isi artikel PG C2 Sd A
59 IX /6 Menanggapi berbagai aspek artikel PG C3 Sk B
60 IX /6 PG C1 Md A
































Ngamprah, April 2010


Mengetahui

Guru Bahasa Sunda


Kepala SMP Unggulan Al Amin,











































YAYAT, S.Ag.

Y OY O


Tidak ada komentar: