KISI-KISI SOAL UJIAN | ||||||||
MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 | ||||||||
NO | STANDAR KOMPETENSI | KLS/ SMT | MATERI | INDIKATOR | BENTUK SOAL | C1, C2, C3 | Md, Sd, Sk | KUNCI JAWABAN |
1 | Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, sajak dan pupujian | VII/1 | Wacana Percakapan | Dapat menyimpulkan topik percakapan | PG | C2 | Sd | D |
2 | Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian | VII/1 | Menyimak pembacaan dongeng | Dapat menyimpulkan latar (setting) dalam cerita (dongeng) | PG | C1 | Md | C |
3 | Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan pengumuman, menceritakan pengalaman, menceritakan tokoh, menyampaikan bahasan, berbicara melalui telepon, dan bercakap-cakap dengan teman sekelas. | VII/1 | Menyampaikan pengumuman (bewara; wawaran) | Dapat menyempurnakan penyampaian pengumuman | PG | C1 | Md | B |
4 | VII/1 | Menceritakan pengalaman | Dapat menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun | PG | C2 | Sd | A | |
5 | VII/1 | Menceritakan tokoh idola | Dapat menjelaskan kelebihan-kelebihan atau kepunjulan tokoh idola | PG | C2 | Sd | B | |
6 | VII/1 | Berbicara melalui telepon | Dapat menggunakan bahasa secara efektif dan santun (tata krama berbicara) | PG | Md | C | ||
7 | VII/1 | Bercakap-cakap (guneman) dengan teman sekelas | Dapat bertanya, menimpali atau menjawab dengan kalimat-kalimat yang jelas, santun dan bersahabat. | PG | C2 | Sd | D | |
8 | Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk atau jenis wacana sejarah lokal/ babad dongeng/ carita buhun, carita pondok dan teks percakapan | Membaca sejarah lokal/ cerita babad | Dapat menanggapi berbagai aspek wacana biografi | PG | C3 | Sk | D | |
9 | VII/2 | Dapat memahami isi wacana dari berbagai aspek (istilah bahasa dan mekanisme penulisan) | PG | C2 | Sd | D | ||
10 | VII/2 | Membaca dongeng/ carita buhun | Dapat menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng | PG | C2 | Sd | A | |
11 | VII/2 | Membaca Carita Pondok | Dapat menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya (bentuk, isi, sifat, dan kebahasaan) | PG | C3 | Sk | A | |
12 | Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan (eksposisi) dan menulis berita. | VII/2 | Menulis Pengalaman | Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan | PG | C2 | Sd | A |
13 | VII/2 | Menulis Biografi singkat | Dapat menceritakan (naratif) riwayat hidup tokoh secara kronologis | PG | C2 | Sd | B | |
14 | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, puisi sawer, dan pembacaan bahasan | VIII/3 | Puisi Sawer | Siswa memparafrasekan isi teks sawer | PG | C3 | Sk | C |
15 | VIII/3 | Menyimak bahasan tentang kesenian daerah | Siswa mendiskripsikan jenis-jenis kesenian daerah | PG | C1 | Md | D | |
16 | Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi, menyampaikan laporan perjalanan, memandu acara dan memandu diskusi | VIII/3 | Berwawancara dengan nara sumber | Siswa menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara | PG | C2 | Sd | C |
17 | VIII/3 | Berdebat dalam diskusi | Dapat berbicara dengan bahasa yang santun | PG | C1 | Md | B | |
18 | VIII/3 | Menyampaikan informasi | Siswa menentukan kalimat efektif dalam menyampaikan informasi | PG | C2 | Sd | B | |
19 | VIII/3 | Menyampaikan laporan perjalanan | Dapat menyusun kerangka laporan | PG | C2 | Sd | B | |
20 | VIII/3 | Memandu acara diskusi | Dapat menyusun acara secara sistematis | PG | C2 | Sd | A | |
21 | Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi, sawer, cerita wawacan, sajak dan karangan argumentasi | VIII/4 | Biografi | Berlatih menyimpulkan jejer wacana biografi | PG | C1 | Md | A |
22 | VIII/4 | Wawacan | Menerangkan ciri-ciri wacana wawacan | PG | C1 | Md | B | |
23 | VIII/4 | Mengidentifikasi berbagai karya sastra dalam bentuk wawacan | PG | C3 | Sk | C | ||
24 | Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran, surat, esai, laporan, dan guguritan. | VIII/4 | Sisindiran | Dapat menulis sisindiran sesuai dengan persyaratan bentuknya | PG | C2 | Sd | D |
25 | VIII/4 | Mengidentifikasi ciri-ciri bentuk dan isi sisindiran | PG | C2 | Sd | C | ||
26 | VIII/4 | Berlatih menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan isi sisindiran | PG | C3 | Sk | C | ||
27 | VIII/4 | Surat Pribadi | Dapat menggunakan bahasa yang baik dan santun | PG | C3 | Sk | C | |
28 | VIII/4 | Memperbaiki atau menyempurnakan surat pribadi | PG | C2 | Sd | B | ||
29 | VIII/4 | Guguritan (Dangdanggula) | Menulis guguritan dengan memperhatikan patokan pupuh, guru lagu, guru wilangan dan watek | PG | C3 | Sk | A | |
30 | VIII/4 | PG | C1 | Md | B | |||
31 | Menyimak, memahami dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/ hutbah, lirik (rumpaka) lagu jenis tembang dan pembacaan cerita pendek (carpon) | IX /5 | Hutbah | Dapat memahami isi hutbah dari berbagai aspek (istilah bahasa dan mekanisme penulisan) | PG | C2 | Sd | B |
32 | IX /5 | Rumpaka lagu (Pupuh Asmarandana) | Dapat memahami ciri-ciri rumpaka tembang pupuh | PG | C1 | Md | B | |
33 | IX /5 | Menulis guguritan dengan memperhatikan patokan pupuh, guru lagu, guru wilangan dan watek | PG | C3 | Sk | C | ||
34 | IX /5 | Carita Pondok | Dapat menanggapi berbagai aspek cerita pendek | PG | Md | D | ||
35 | IX /5 | PG | C2 | Sd | D | |||
36 | IX /5 | PG | C3 | Sk | C | |||
37 | Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bentuk mengemukakan kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran, bercerita tentang cerita pendek dan musikalisasi puisi. | IX /5 | Kritik Sastra | Dapat mengemukakan kritik dengan bahasa dan cara-cara yang santun | PG | C3 | Sk | B |
38 | IX /5 | Biantara | Dapat memahami "padika biantara" | PG | C1 | Md | A | |
39 | IX /5 | PG | Sk | A | ||||
40 | IX /5 | Dapat menyampaikan pidato dengan bahasa yang santun. | PG | C2 | Sd | B | ||
41 | IX /5 | Dapat menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan | PG | C1 | Md | C | ||
42 | IX /5 | PG | C2 | Sd | D | |||
43 | IX /5 | Novel | Dapat menanggapi berbagai aspek novel | PG | C2 | Sd | D | |
44 | IX /5 | Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan novel yang dibicarakan | PG | C2 | Sd | C | ||
45 | IX /5 | PG | C1 | Md | C | |||
46 | IX /5 | Cerita Drama | Dapat menanggapi berbagai aspek cerita drama | PG | C2 | Sd | B | |
47 | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, puisi sawer, dan pantun | IX /6 | Pupuh Kinanti | Dapat memahami ciri-ciri rumpaka tembang pupuh | PG | C2 | Sd | A |
48 | IX /6 | Menulis guguritan dengan memperhatikan patokan pupuh, guru lagu, guru wilangan dan watek | PG | C1 | Md | B | ||
49 | IX /6 | Pantun | Dapat menanggapi berbagai aspek cerita pantun | PG | C2 | Sd | B | |
50 | IX /6 | Dapat mendeskripsikan kembali jenis-jenis kesenian daerah | PG | C1 | Md | C | ||
51 | Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat, teks pidato, hasil wawancara, menulis berita dan karangan ilmiah. | IX /6 | Surat Resmi (izin) | Dapat menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan | PG | C2 | Sd | C |
52 | IX /6 | Dapat mengidentifikasi struktur surat resmi | PG | C1 | Md | D | ||
53 | IX /6 | Laporan Wawancara | Dapat menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi | PG | C3 | Sk | A | |
54 | IX /6 | Dapat memahami mekanisme persiapan wawancara | PG | C2 | Sd | A | ||
55 | IX /6 | Berita | Dapat menulis rangkuman berita yang disimak/ dibaca | PG | C3 | Sk | A | |
56 | IX /6 | Dapat menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan | PG | C2 | Sd | B | ||
57 | IX /6 | PG | C1 | Md | C | |||
58 | Mampu membaca, memahami dan menanggapi wacana tulis atau jenis drama, karangan bahasan, puisi dan artikel | IX /6 | Membaca karangan ilmiah | Dapat menyebutkan, menyimpulkan widang isi artikel | PG | C2 | Sd | A |
59 | IX /6 | Menanggapi berbagai aspek artikel | PG | C3 | Sk | B | ||
60 | IX /6 | PG | C1 | Md | A | |||
Ngamprah, April 2010 | ||||||||
Mengetahui | Guru Bahasa Sunda | |||||||
Kepala SMP Unggulan Al Amin, | ||||||||
YAYAT, S.Ag. | Y OY O |
WILUJENG SUMPING DI DESA HARIANG
WILUJENG SUMPING DI BLOG URANG HARIANG
Lemboer matoeh bandjar karang pamidangan, poeseoerna katineoeng sampalan kaheman.
Lemboer matoeh bandjar karang pamidangan, poeseoerna katineoeng sampalan kaheman.
Lokasi Pemotretan
Lokasi gambar di Cilembang
KINGKILABAN
Sabtu, 10 April 2010
BAHAN UJIAN BASA SUNDA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar