I. Soal Materi Microsoft Word
- Ketiklah teks naskah ujian praktik menulis mata pelajaran Bahasa
Indonesia dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
- Aligment Justified
- Jenis huruf : Times New Roman
- Ukuran
huruf : 12
- Margin atas
(Top)
: 4 cm
- Margin kanan (Right) : 3 cm
- Margin bawah (Bottom) : 4 cm
- Margin kiri
(Left) : 3 cm
- Spasi : 1,5 lines
- Ukuran kertas : A4
- Gunakan fasilitas Shapes untuk menyisipkan Line/Garis.
- Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
- Gunakan fasilitas Bullets and Numbering untuk memberikan penomoran atau simbol-simbol
lain.
- Ketiklah naskah sesuai dengan format font : huruf tebal, huruf miring, dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
- Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta
masing-masing serta kelasnya.
Contoh : Filename = 1_Yogazuara_IXA
File yang sudah dibuat disimpan kemudian upload ke
alamat blog masing-masing dengan kewajiban membuat link ke blog guru TIK SMP
Unggulan Al Amin (yogazuara.blogspot.com)
- Masuk di halaman email.
- ketik Yahoo! ID atau email lainnya dan juga Password kalian. Tekan
Enter atau Klik Sign In.
- Klik New/Tulis
- Isilah To/Kepada : yogazuara@yahoo.com, Subject/Judul
: Ujian Praktik Ms. Word.
- Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
- Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files
akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
- Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk
mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
II. Soal Materi Microsoft Excel
A. Fungsi Logika IF
PETUNJUK PENGERJAAN
- Ketiklah tabel di bawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft
Excel.
- Ketik kolom No dengan data urut.
- Isikan kolom Jabatan dengan Fungsi Logika jika kode A maka Direktur,
kode B maka Staff Administrasi, kode C maka Staff Operator.Fungsi
Logikanya =IF((B7=”A”),”Direktur”,IF(B7=”B”,”Administrasi”,IF(B7=”C”,”Operator”)))
- Isikan kolom Gaji dengan Fungsi Logika jika kode A maka 1.500.000,
kode B maka 1.000.000, kode C maka 850.000. Fungsi
Logikanya =IF((B7=”A”),”1500000″,IF(B7=”B”,”1000000″,IF(B7=”C”,”850000″)))
- Isikan kolom Tunjangan dengan Fungsi Logika jika kode A maka 20% dari
gaji, kode B maka 10% dari gaji, kode C maka 5% dari gaji.
- Isikan kolom BPJS dengan rumus 2,5% dari Gaji
- Isikan kolom Total dengan rumus (Gaji + Tunjangan) – BPJS.
- Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta
masing-masing serta kelasnya.
Contoh : Filename = 2_Yogazuara_IXA
KETENTUAN :
Jabatan
Jika kode A maka Direktur
kode B maka Staff Administrasi
kode C maka Staff Operator
Gaji
Jika kode A maka 1.500.000
kode B maka 1.000.000
kode C maka 850.000
Tunjangan
Jika kode A maka 20% dari gaji
kode B maka 10% dari gaji
kode C maka 5% dari gaji
BPJS
2,5% dari gaji
Total
(Gaji + Tunjangan) – BPJS
File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian
kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan
Attachment file, langkahnya sbb :
- Masuk di halaman EMAIL
- ketik Yahoo! ID atau yang lainnya dan juga Password kalian. Tekan
Enter atau Klik Sign In
- Klik New/Tulis
- Isilah To/Kepada : yogazuara@yahoo.com, Subject/Judul
: Ujian Praktik Ms. Excel.
- Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
- Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files
akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
- Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk
mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
B. Fungsi Statistik
Petunjuk pengerjaan :
- Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
- Ketikan No dengan Data Urut.
- Isikan kolom Jumlah dengan
Fungsi SUM.
- Isikan kolom Nilai Rata-Rata dengan UTS + UAS + Praktik dibagi 3.
- Isikan kolom Nilai Rata-Rata Kelas dengan Fungsi Average.
- Isikan kolom Nilai Terendah dengan Fungsi Min.
- Isikan kolom Nilai tertinggi dengan Fungsi Max.
- Isikan kolom Jumlah data dengan Fungsi Count
- Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta
masing-masing pada folder sesuai kelasnya.
Contoh : Folder = Kelas IX A, Filename = 3_Yogazuara_IXA
File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian
kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan
Attachment file, langkahnya sbb :
- Masuk di halaman Yahoo!Mail
- ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
- Klik New/Tulis
- Isilah To/Kepada : yogazuara@yahoo.com, Subject/Judul
: Ujian Praktik Ms. Excel.
- Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
- Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files
akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
- Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk
mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.